2020-11-04

Mahasiswa Unsrat Belajar Budidaya Hingga Pengolahan Hasil Tanaman Perkebunan

BPTP SULAWESI UTARA
...

Pandu, 04 November 2020---BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara sebagai sumber teknologi spesifik lokasi juga dijadikan sebagai tempat magang mahasiswa Fakultas Pertanian. Instalasi Pandu sebagai sarana penelitian dan pengkajian, menerima lima orang mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi.

Selain terjun di bidang budidaya, pada pembibitan tanaman perkebunan yaitu pala dan kelapa juga di bidang pengolahan kelapa secara terpadu pada kegiatan pengkajian peningkatan pendapatan petani kelapa melalui pengembangan tanaman sela dan pengolahan produk kelapa.

Pengolahan produk kelapa yang akan dikembangkan antara lain daging buah menjadi virgin coconut oil / minyak kelapa dan ampasnya diolah menjadi tepung sebagai bahan baku pembuatan cookies , airnya menjadi nata de coco dan tempurung menjadi arang tempurung juga diperoleh asap cair sebagai bahan pengawet makanan seperti bakso dan ikan asap serta sebagai bahan pestisida nabati.

Diharapkan dengan adanya pembelajaran ini, mahasiswa dibekali untuk bisa berwirausaha di bidang pertanian secara terpadu mulai dari budidaya hingga pengolahan hasil.

Dengan selesainya magang diharapkan dapat terjun langsung di lapangan selain sebagai pelaku usaha juga sebagai narasumber bagi para petani.

Sub Sektor : Pala, Kelapa
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :