2020-11-18

Tim Staf Khusus dan UPT/UK Kementerian Pertanian Sulut Mengunjungi Agris Sentra Pengolahan Kelapa.

BPTP SULAWESI UTARA
...

Tahuna, 17 November 2020---Hari kedua di Tahuna Tim Staf Khusus dan UPT/UK Kementerian Pertanian Sulut berada di Agris Sentra Pengolahan Kelapa.

Agris dikelola oleh Mansur dkk yang peduli dengan pertanian yang ada di Sulawesi Utara, dengan sebuah ekosistim pengolahan kelapa terpadu yang dapat memberi nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan pasar lokal dan ekspor dengan skema pemberdayaan untuk kesejahteraan anggota kelompok tani.

Mengutip dari Web Agris.id bahwa ditengah Pandemi saat ini banyak memberi dampak buruk terhadap ekonomi, berbagai usaha perekonomian hampir lumpuh bahkan berhenti karena tidak berjalannya Investasi di berbagai sektor. Sektor agribisnis khususnya pengolahan kelapa justru mengalami peningkatan permintaan supply untuk industri domestik dan pasar ekspor. Ini peluang bagi Indonesia sebagai negara penghasil kelapa nomor 1 di dunia dengan 7 Juta Petani yang tersebar di 248 Kabupaten. AGRIS mengajak kerjasama Investasi yang berdampak, yaitu Pengolahan Kelapa di daerah sentra yang membeli langsung dari Petani dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

Agris menyediakan tempat pengolahan kelapa putih menggunakan teknologi tepat guna. Satu petak ini bisa menghasilkan 2,5 ton kelapa putih lewat sentuhan teknologi yang di terapkan, waktu produksi bisa dipercepat, begitu pula rantai distribusi bisa dipotong, dengan begitu keuntungan yang diperoleh petani menjadi beberapa kali lipat.

Eri Tamalagi sebagai Stafsus Mentan sangat mengapresiasi kinerja dari Mansur dkk, serta sangat berharap agar terus meningkatkan kreativitas sebagai dukungan menduniakan produk pertanian yang maju, mandiri dengan melibatkan teknologi yang modern.

#bptpsulut

#pertanianmajumandirimodern

Sub Sektor : Kelapa
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :