2020-11-18

Eman: Citra Tomohon Kota Pariwisata Tidak Lepas dari Kotribusi Balitbangtan Dalam Merancang Grand Designnya

BPTP SULAWESI UTARA
...

Tomohon,BPTPNews.id.- Wali Kota Tomohon, Jimmy F.Eman,SE.Ak.CA, apresiasi Kementerian Pertanian (Kemtan) melalui Badan Litbang Pertanian. Betapa tidak, bantuan Balitbangtan dalam pembuatan grand design Tomohon kota Bunga, memberikan multiplay effect yang luar biasa pada pendapatan masyarakat.

Masih menurut Eman, disela-sela pengambilan gambar “Jelajah Inovasi Balitbangtan Episode 3), pencanangan Tomohon Kota Bunga, merupakan keputusan strategis pemerintah, yang dibuat serta diikuti penerbitan Peraturan Daerah tentang Kota Bunga pada tahun 2005. Itu artinya, Tomohon Kota Bunga berkelanjutan siapa saja wali kotanya. Dan berdampak pada perekonomian, social budaya masyarakatnya kearah yang lebih baik.

Tomohon sebagai Kota Bunga, memberikan citra sebagai kota pariwisata dan harus didukung dengan usaha budidaya florikultura yang konsisten. Karena budaya ini, memang sudah dilakoni oleh masyarakat sejak masa zending dahulu.

Eman, mengapresiasi Balitbangtan Kemtan. Perancangan grand design Tomohon Kota Bunga, tidak lepas dari bantuan Balitbangtan. Tidak hanya itu, banyak penghiliran inovasi teknologi flori yang dilaksanakan di kota Tomohon, seperti Gelar Teknologi bunga krisan sejak 2007, hingga kini 70 persen koleksi bunga di Tomohon berasal dari Balitbangtan.

Beragam inovasi teknologi diperkenalkan Balitbangtan. Kegiatan disandingkan dengan pelaksanaan Tomohon International florwer (TIF), dan pelepasan beberapa varietas unggul local seperti Krisan Riri (Kuning), Krisan Kulo (Putih), Kerk Lely (bunga Gereja) Varietas Irina dan Gelar teknologi floris mulai 4 varietas unggul sampai 24 varietas unggulan Balitbangtan, tutup Eman.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Steven Waworuntu, SSTP, didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Dr.Karel Lala,SP.MSi., menambahkan bahwa Balitbangtan sangat komit hilirkan inovasinya di kota Tomohon. Ini nyata dan membantu masyarakat kota Tomohon. Saat ini di Kota Tomohon sedang dilaksanakan shooting Jelajah Inovasi Balitbangtan Seri Krisan dan pelatihan petani untuk menghadapi permintaan ekspor. Tujuannya yaitu agar petani menerapkan prosedur produksi standar ekspor sesuai permintaan bayer.

Steven juga apresiasi sinergitas tiga instansi Kemtan di Sulawesi Utara, BPTP Balitbangtan, Badan Karantina Pertanian dan Balit Palma, yang sangat luar biasa. Beberapa waktu lalu tiga instansi ini hadirkan Staf Khusus Bidang Komunikasi Pertanian yang bersua langsung di kota Tomohon. Beliau apresiasi potensi flori di kota Tomohon dan membantu petani pada kesiapan tangkap permintaan bunga dari Singapore dan Jepang. Dan pelatihannya sedang berlangsung saat ini, imbuh Steven.

Sementara, Kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr.Steivie Karouw,S.TP.M.Sc.,saat dihubungi ketika mendampingi Staf Khusus Kemtan yang sedang melakukan kunjungan di kepulauan terluar Sulut, menjelaskan bahwa: sebagai suber Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) di Sulawesi Utara, terus membangun komunikasi dengan siapapun untuk hilirkan inovasi teknologi pertanian.

Sebagai Sumber Inovasi, kami akan terus mendampingi kebutuhan inovasi masyarakat Sulawesi Utara. “banyak Inovasi Teknologi Pertanian hasil karya para inventor di Balitbangtan, dan siap dihilirkan” ketika itu dibutuhkan dan memecahkan permasalahan petani secara spesifik lokasi, termasuk bunga Krisan, kami siap dampingi dan kawal. Harus dipastikan itu memberi manfaat bagi masyarakat tani.

Harap Steivie, agar para penangkar bunga krisan untuk terus komitmen menjadi penangkar benih. Dengan demikian kebutuhan para penghasil bunga krisan tidak harus mendatangkan di luar. Tapi produksi langsung di daerah. Dengan demikian menekan biaya pengiriman dan daya adaptasi bunga lebih baik karena dihasilkan di daerah, tutup Karouw. (*Artur)

Sumber: Sekretaris Dinas Pertanian Karel Lala

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : PRODUKSI BUNGA KRISAN
www.sulut.litbang.pertanian.go.id