2020-11-20

Lenganeng Potensi Pengembangan Tanaman Hortikultura di Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe

BPTP SULAWESI UTARA
...

Kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr. Steivie Karouw, S.TP., M.Sc bersama Tim Peneliti melakukan kunjungan ke Desa Lenganeng Kec. Tabukan Utara Kab. Kep. Sangihe.

Dalam kunjungan Tim BPTP Sulut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sherly Maria Lalu, S.E menjelaskan bahwa Tabukan Utara merupakan daerah yang memiliki potensi pengembangan tanaman hortikultura, melihat letak geografis berbukit dan berada di daratan tinggi.

Hal itu kemudian mendorong Petani Desa Lenganeng untuk membudidayakan sayur-sayuran, cabe, tomat, kacang-kacangan bahkan terus mengembangkan tanaman lokal yaitu ubi jalar. Namun dengan keadaan curah hujan yang tinggi Petani biasanya mengalami kendala terserangnya penyakit dan hama yang kemudian dapat merugikan petani, disisi lain Sherly mengatakan Penyuluh daerah masih belum memiliki keterampilan yang memadai untuk menjawab setiap permasalahan yang dihadapi Petani.

Maka dari itu dalam diskusi lapang, Kadis Ketahanan Pangan mengatakan pihaknya sangat perlu mendapatkan bimbingan teknologi budidaya tanaman hortikultura yang masih sampai saat ini dirasa kurang mendapat sentuhan. Kedepannya Kadis Pangan mengharapkan ketika hadirnya BPTP Balitbangtan Sulut di Tabukan Utara dapat menjadi langkah awal untuk menjalin kerjasama khususnya dalam penghiliran teknologi tepat guna spesifik lokasi di Tabukan Utara.

Dr. Steivie Karouw, mengatakan BPTP Balitbangtan Sulut akan terus mendorong dan jika dibutuhkan akan menghadirkan tenaga Peneliti di bidang tanaman hortikultura yang kemudian dapat membantu menjawab dan memberi solusi yang tepat untuk kemajuan pertanian yang ada di Kab. Kep. Sangihe khususnya di Kec. Tabukan Utara.

#bptpsuluthebat

#pertanianmajumandirimodern

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :