2021-01-07

Pendampingan Budidaya Merah dan Cabai Rawit BPTP Sulawesi Utara dengan Bank Indonesia

BPTP SULAWESI UTARA
...

Dalam rangka menjalankan program kerjasama dengan Bank Indonesia, Tim BPTP Balitbangtan Sulut melakukan Pengamatan Agronomis Tanaman Bawang Merah.

Pengamatan agronomis tanaman dilakukan saat tanaman berumur 1 bulan setelah penanaman. Pengamatan Agronomis berupa tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah tunas. Adapun hasil pengamatan pada demplot Budidaya Bawang Merah yang ditumpang sarikan dengan cabe pada umur 1 bulan di Desa Leleko setelah tanam menunjukan untuk varietas Bima Brebes rata rata tinggi tanaman adalah 35,5 cm, jumlah daun 30 helai dan jumlah tunas 5 tunas.

Di pertanaman ada serangan penyakit layu fusarium dengan presentase 2%, jamur kemungkinan terbawa oleh benih bawang merah dan telah di lakukan penyemprotan fungisida Cabrio Top 60 WG (1 x aplikasi), demikian juga terdapat serangan hama ulat grayak exiqua kurang lebih 10% tanaman yang terserang dan telah dilakukan penyemprotan hama beraupa pestisida proclaim 5 SG (2 x aplikasi) dengan selang hari 4 baru dilakukan penyemprotan ke 2. Demikian dengan hasil pengamatan pada demplot Budidaya Bawang di Desa Tonsewer dengan pengembangan 4 varietas diantara Varietas Bima Brebes, Tajuk, Batu Ijo dan Unggul Lokal Lansuna.

Ke empat varietas ini di desiminasikan dengan menggunakan perlakuan rekomendasi pemupukan dan kebiasaan petani setempat. Setelah 1 bulan penanaman, tanaman tumbuh dengan baik, hanya ada sedikit tanaman yang layu pada ujung ujung daun. Keadaan ini terjadi saat hujan turun tidak berapa lama kemudian berhenti, dan disusul dengan panas, sehingga sisa air pada ujung ujung daun menjadi panas mengakibatkan ujung daun menjadi kuning dan kering. Ada beberapa tanaman yang terserang hama ulat grayak, exiqua (1 %) dan telah dilakukan penyemprotan 1 x aplikasi. Pertumbuhan tanaman baik, dan telah dilakukan penyiangan 1 kali. Rata Rata Tinggi tanaman Bima Brebes adalah 37 cm, Varietas Lansuna 45 cm, Tajuk 35 cm dan Batu Ijo 43 cm. Jumlah daun Bima Brebes 38 helai, jumlah tunas 6 tunas, Lansuna jumlah daun 26 helai, jumlah tunas 5, Varietas Tajuk, jumlah daunnya 35 helai dan jumlah tunas 6 sedangkan batu Ijo jumlah daun 20 helai dan julah tunas 4 tunas.

BPTP Balitbangtan Sulut akan terus mengawal dan melakukan kajian mengenai pengembangan budidaya bawang merah dan cabe rawit di Desa Leleko dan Tonsewer ini.

#bptpsuluthebat

Sub Sektor : Bawang merah, Cabai
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :