2020-09-01

"Kekuatan Negara Ada di Pertanian"

BPTP SULAWESI UTARA
...

Selasa 01 September 2020, BPTP Sulawesi Utara hadir dalam Pengukuhan Profesor Riset yang disaksikan secara virtual.

Tiga peneliti yang dikukuhkan pada di Auditorium Sadikin Sumintawikarta-Bogor adalah Dr. Ir. Saptana, M.Si (Bidang Sosial Ekonomi Pertanian), Dr Ir. Amran Muis, MS (Bidang Hama dan Penyakit Tanaman) dan Dr. Ir. Mat Syukur, MS (Bidang Sosial Ekonomi Pertanian).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam pidato tertulisnya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas pengukuhan Prof (Riset). Limpo juga mengatakan agar Prof (Riset) terus berkarya menghasilkan inovasi teknologi yang dibutuhkan untuk para petani.

Ada hal menarik yang disampaikan oleh Mentan SYL, yaitu Limpo mengatakan bahwa kekuatan negara ada pada pertanian.

"Kekuatan negara saat ini ada pada sektor pertanian. Karena hanya pertanian-lah yang hingga saat ini masih terus bertahan. Pertanian merupakan pilar utama dan penyokong lahirnya kehidupan. Berbicara pertanian adalah berbicara kehidupan bangsa. Jika ingin negara ini kuat, maka hadirkanlah pertanian dan mampu menjadi kebutuhan bangsa," ungkap Limpo.

"Pertanian yang maju, akan membuat negara semakin baik dan tentunya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Sudah waktunya kita berfikir untuk membuat pertanian di negara ini semakin baik," lanjut Limpo.

Diakhir sambutannya, Limpo mengatakan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para peneliti adalah tidak hanya untuk kegiatan riset semata, tetapi bagaimana hasil riset tersebut dapat berguna untuk para petani dan kemajuan negara.

Tetap semangat untuk para peneliti-peneliti Indonesia dalam menciptakan inovasi teknologi untuk Negara Indonesia.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :