2020-09-12

Bolmong Melakukan Penanaman Perdana Produksi Jagung Hibrida NASA

BPTP SULAWESI UTARA
...

Dumoga Timur, 12 September 2020.---Direktur Jenderal Perbenihan Tanaman Pangan, yang diwakili oleh kepala sub Direktorat Pengawasan Mutu Benih, Catur Setiawan, STP, MSi., Kepala Balai Penelitian Serealia (Balit Serealia) Dr.Muhammad Azrai,SP.MP., Kadis Pertanian Sulut, kepala BPTP Balitbangtan Sulut, dan Perusahaan Mitra PT.Mulya Agro Sarana, melaksanakan penanaman Jagung untuk bibit Jagung Hibrida di Bolmong.

Kadis Pertanian Bolmong, Remon Ratu,SP.MM. menyambut baik pelaksanaan kegiatan produksi benih Jagung Hibrida di Bolmong. Dari potensi lahan sekitar 75 ribu ha, sangat baik bila hasilkan benih sendiri. Untuk itu, beliau berterima kasih pada Kemtan dan Gubernur Sulut. Karena dengan pelaksanaan produksi di Bolmong, akan meningkatkan pendapatan petani di daerah ini.

Ratu, menghimbauw pada para petani agar ikuti petunjuk dan seriusi kegiatan ini. Bila ada ada masalah, segeralah melakukan kordinasi. Ini sebagai pengalaman pertama, dan pastika berhasil. Bila itu sukses, pasti akan menjadi pertimbangan kedepan untuk alokasi Bolmong, dapat diperluas, harapnya.

Catur Setiawan, mewakili Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kemtan), mengapresiasi semangat petani di lapangan. “dengan potensi lahan yang ada, sangat baik untuk pengembangan perbenihan”. Demikian juga pihak pemerintah daerah Sulawesi Utara dan Dinas Pertanian Bolmong sangat mendukung.

Menurut Beliau, kegiatan Korporasi Perbenihan Jagung Hibrida ini, perjuangannya cukup panjang dan hampir tidak jadi di Bolmong. Karena untuk kegiatan ini, di Seluruh Indonesia (Selindo) semua meminta. “Kegiatan ini harus disukseskan, agar kedepan akan lebih diperluas”. Potensi lahan jagung di bolmong, harus dipenuhi dari produksi benih dari bolmong, baru keluar.

Lanjut Catur, pada tahun ini (2020) yang ada di Bolmong 100 ha. Proses administrasi telah selesai dan sudah masuk pada fase peaksanaan penanaman. Dan bantuan pemerintah sesuai persyaratan telah di berikan angsung ke rekening kelompok. “segera dilaksanakan sesuai prosedur yang ada, dan jangan melupakan setiap step kegiatan agar di dokumentasikan via open camera. Dan segera melaporkan secara rutin”.

Ditempat yang sama, Kepala Balitserealia Dr.Muhammad Azrai,SP.MP., yang langsung mendampingi di lapangan menjelaskan bahwa: kalau dulu benih tetua di datangkan dari luar (impor). Saat ini dilarang, dan saat ini kita hasilkan dari produk anak bangsa.

Kegiatan korporasi ini, adalah upaya Kemtan agar kebutuhan benih jagung tersedia langsung dekat dengan petani. Benih akan lebih baik bila terbagi di Selindo, dan tidak terpusat di satu wilayah. Resiko pengangkutan dan adaptasi benih dapat terganggu, karena jauhnya lokasi pengangkutan.

Catur juga apresiasi akan kekompakan tim kerja di daerah. Sangat lengkap baik dari Dinas Pertanian Provinsi dan jajarannya, BPTP sebagai sumber teknologi, petugas pengawas lapangan, penyuluh dan mitra pengusaha begitu lengkap, tutur Catur.

Kegiatan penanaman yang diikuti oleh petani yang ada di 3 kecamatan di Bolmong, tutur Noldy Pitoy,SP., selaku Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh di Dinas Pertanian Bolmong. Lanjut Pitoy, bahwa para petani yang hadir telah melalui persiapan sesuai prosedur yang dipersyaratkan dalam kegiatan koorporasi ini.

Petani harus berkelompok, memiliki lahan pada area terbuka dan bersedia mengikuti tata cara prosedur produksi benih. Pemerintah menfasilitasi bantuan benih, pupuk dan untuk pengendalian hama. Juga pihak ketiga yang ditunjuk akan membantu dana untuk pencabutan bunga jantan sebesar 1 juta per ha, tutup Noldy. (#Artur1209)

Ikuti Juga: Balitbangtan Seriusi Pengembangan Benih Unggul Jagung Basis Korporasi Mendukung Kostratani di Sulawesi Utara

Sub Sektor : Tanaman Pangan
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : PRODUKSI JAGUNG HIBRIDA
www.sulut.litbang.pertanian.go.id