2020-09-14

Anda Harus Tahu: Keunggulan Jagung Hibrida JH-37

BPTP SULAWESI UTARA
...

Kalasey, 14 September 2020.---Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kemtan) terus menghilirkan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) untuk menjadi solusi dan memecahkan permasalahan petani dalam hal ketersediaan benih unggul.

Selama ini, sentra produksi benih unggul, masih terpusat di Jawa. Dan menyebabkan keterlambatan distribusi dan gangguan kualitas benih, ketika berada di lokasi. Karena jauhnya lokasi dari sumber benih. Kementerian pertanian dalam menangkap permasalahan ini, melalui Balitbangtan, hilirkan ITP produksi benih hibrida sedekatnya dengan pelaku utama.

Setelah 5 tahun melakukan uji adaptasi dan menghilirkan ITP produksi benih hibrida, saat ini Sulawesi Utara sudah dapat memproduksi benih hibrida dalam program korporasi petani. Kegiatan ini masih bersanding dengan perusahaan mitra. Harapannya ketika koorporasi petani terbentuk, diharapkan petani Sulut dapat hasilkan dan jual sediri benih jagung hibrida.

Apa itu Jagung Hibrida JH-37 ?

Jagung JH-37, adalah hasil karya anak bangsa di Balai Penelitian Serealia (Balit Serealia), Balitbangtan Kemtan yang ada di Maros Sulawesi Selatan.

JH-37 adalah komoditas Jagung Hibrida yang dilepas pada tahun 2017. Komobitas ini berumur sedang (99 hst). Potensi hasilnya 12,5 ton per hectare. JH-37 agak tahan terhadap penyakit buai jenis Peronosclerospora maydis. Dan sangat tahan terhadap Peronosclerospora philippinensis.

Varietas ini juga tahan terhadap penyakit karat daun Puccinia sorghi dan hawar daun dataran rendah (Helminthosporium maydis).

Potensi hasil tinggi, tahan terhadap rebah akar dan batang. Agak toleran kekeringan dan nitrogen rendah serta dapat beradaptasi luas di dataran rendah.

Informasi terkait dapat menghubungi BPTP Balitbangtan Sulut dan Bait Serealia di Maros.(#artur)

Oleh: Arnold C.Turang,SP.

Sumber: Balitserealia di Maros

Sub Sektor : Jagung
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : PERBENIHAN
www.sulut.litbang.pertanian.go.id